Senin, 10 Januari 2011

Buku "Hurufontipografi"

Judul buku: Hurufontipografi
Penulis: Surianto Rustan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman: 154
Bonus sisipan: Penggaris huruf
Terbit: Januari 2011
Sejarah Tipografi:
berisi sejarah perjalanan tipografi sejak lukisan pada dinding gua sampai kemunculan teknologi digital masa kini. Perkembangan sistim bahasa tulisan, proses lahirnya anatomi pada huruf, hubungan antara gaya huruf dan teknologi, hadirnya gerakan-gerakan seni rupa, dan lain-lain.
Istilah dalam Tipografi:
Apa perbedaan Typeface dan Font? Tipografi dan Lettering? Diawali dengan tahapan membuat huruf metal jaman dulu yang super rumit, dimana banyak istilahnya yang masih digunakan sampai sekarang.
Anatomi Huruf:
Stroke, ascender, descender, capline, x-height, jenis-jenis terminal dan serif, dan mengenali anggota tubuh lainnya. Lalu diajak memahami cara pengukuran huruf dan jarak-jaraknya yang sangat diperlukan dalam proses setting huruf.
Klasifikasi Huruf:
Serif, sans serif, slab serif, di sini kita mengenal berbagai jenis huruf dan pengelompokkannya, ini berguna kelak sebagai panduan memilih ataupun mendesain huruf. Tidak hanya klasifikasi umum, tapi juga belajar membuat klasifikasi pribadi untuk mempercepat pekerjaan.
Type Family:
Regular, bold, italic, condensed, extended, dan berbagai style lainnya diulas pada bagian ini. Juga anggota keluarga lain seperti ligatures, ornamen-ornamen dan tanda baca. Sistim penamaan huruf dibahas pula dalam bab ini.
Faktor Optis:
Membicarakan masalah legibility dan readability lewat berbagai kasus. Bagaimana men-setting sebuah teks agar nyaman dibaca, serta mengenal penyesuaian-penyesuaian dalam desain huruf untuk mengatasi masalah optis.
Memilih Huruf:
Gembira, sedih, formal, casual, komedi, sport, memilih huruf yang sesuai dengan tema, huruf yang memiliki kepribadian tertentu, mengkombinasikan beberapa jenis huruf dalam sebuah naskah, semua diulas di sini.
Eksplorasi Tipografi:
Menciptakan huruf dengan sinar laser dan menggunakan mobil, i56 desain huruf eksperimental dari A-Z, sampai penerapan tipografi pada arsitektur dan film. Semuanya untuk membuka wawasan Anda dalam berkarya.

0 komentar:

Posting Komentar